Sabtu, 27 April 2013

Mengelola Sumber Daya Manusia Dalam Perusahaan



1.  Pendahuluan
Tujuan utama dari proses rekrutmen dan seleksi adalah untuk mendapatkan orang yang tepat bagi suatu jabatan tertentu, sehingga orang tersebut mampu bekerja secara optimal dan dapat bertahan di perusahaan untuk waktu yang lama. Meskipun tujuannya terdengar sangat sederhana, proses tersebut ternyata sangat kompleks, memakan waktu cukup lama dan biaya yang tidak sedikit dan sangat terbuka peluang untuk melakukan kesalahan dalam menentukan orang yang tepat. Kesalahan dalam memilih orang yang tepat sangat besar dampaknya bagi perusahaan atau organisasi. Hal tersebut bukan saja karena proses rekrutmen & seleksi itu sendiri telah menyita waktu, biaya dan tenaga, tetapi juga karena menerima orang yang salah untuk suatu jabatan akan berdampak pada efisiensi, produktivitas, dan dapat merusak moral kerja pegawai yang bersangkutan dan orang-orang di sekitarnya.
Pada saat ini dimana persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin kuat, perusahaan seringkali mengalami kesulitan dalam menentukan kandidat yang tepat mengingat bahwa ada banyak kandidat yang tersedia tetapi sangat sedikit yang memiliki kualifikasi yang memadai. Rendahnya moral kerja dan pengaruh budaya bapakisme yang telah berlangsung puluhan tahun semakin menyulitkan perusahaan dalam mendapatkan kandidat yang benar-benar cocok. Selain menuntut keahlian dan ketrampilan si petugas rekrutmen perusahaan juga harus benar-benar mempersiapkan proses rekrutmen dan seleksi secara maksimal.
2.    Pengertian
Rekrutmen adalah proses mencari, menemukan, mengajak dan menetapkan sejumlah orang dari dalam maupun dari luar perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik tertentu seperti yang telah ditetapkan dalam perencanaan sumber daya manusia. Hasil yang didapatkan dari proses rekrutmen adalah sejumlah tenaga kerja yang akan memasuki proses seleksi, yakni proses untuk menentukan kandidat yang mana yang paling layak untuk mengisi jabatan tertentu yang tersedia di perusahaan.
Pelaksanaan rekrutmen dan seleksi merupakan tugas yang sangat penting, krusial, dan membutuhkan tanggung jawab yang besar. Hal ini karena kualitas sumber daya manusia yang akan digunakan perusahaan sangat tergantung pada bagaimana prosedur rekrutmen dan seleksi dilaksanakan.

3.  Sebelum merekrut SDM sebagai tenaga kerja, perlu diketahui dulu beberapa hal berikut:
a)   Tenaga kerja yang dibutuhkan (produksi, keuangan, pemasaran, pimpinan, kepegawaian, dll)
b)   Berapa jumlah yang diperlukan
c)    Tentukan persyaratan minimum

4. Syarat2:
  • Keahlian; pendidikan formal; kursus, pengalaman kerja, dll
  • Umur
  • Jenis kelamin
  • Fisik dan kesehatan
  • Mental dan kejujuran

5. Cara perekrutan sumber daya
a) Cara Formal: Perekrutan calon tenaga kerja melalui pihak ketiga, BBLKI, Kantor Penempatan Kerja, Bursa tenaga kerja, dll.
b) Cara nonformal: Melalui perantara pegawai yang sudah ada di dalam perusahaan, melalui iklan, rekan-rekan.

6. Seleksi calon tenaga kerja
a) Tidak berdasar ilmu pengetahuan, dengan prosedur:
  • Surat lamaran pekerjaan
  • Ijazah
  • Pengalaman kerja/cv
  • Wawancara langsung
  • Rekomendasi pihak ketiga
b) Berdasar ilmu pengetahuan; metode ini dapat dipertanggungjawabkan karena sesuai dengan proesdur recruitment yang benar:
  • Application form : surat lamaran, ijazah, cv, kelakuan baik, dll
  • Wawancara : wawancara awal dan akhir
  • Tes Intelegensi, minat, bakat, dll


7. Prosedur merekrut SDM
  • Mengisi formulir
  • Wawancara pendahuluan : untuk mengetahui kesan tentang calon tenaga kerja
  • Wawancara lanjutan : untuk menggali informasi lebih dari data lamaran dan lampiran
  • Testing: untuk mendapatkan kemampuan ilmu pengetahuan
  • Penelitian pengalaman dan surat-surat keterangan
  • Pemeriksaan kesehatan
  • Rekomendasi: diajukan kepada bidang yang memerlukan sdm baru
  • Wawancara akhir: dilakukan oleh bagian yang memerlukan sdm baru
  • Penempatan calon tenaga kerja: sebelum diangat sdm tetap, ada masa percobaan tergantung kebijakan dari perusahaan
  • Pengangkatan tenaga kerja

8. Jenis Tes
  • Achievement test : untuk mengukur kesanggupan melaksanakan tugas
  • Aptitude test : untuk mengetahui bakat
  • Intelligence test : untuk mengetahui kecerdasar
  • Personality tes : untuk mengetahui kepribadian

9.  MACAM-MACAM LATIHAN DAN PENDIDIKAN
Macam-macam latihan dan pendidikan dalam perusahaan yang dikelola oleh wirausaha dalam rangka peningkatan sumber daya manusia:
1)   Latihan Industri (industrial training) Latihan ini bertujuan membantu karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya secara efektif dan efisien
2)   Latihan Tugas (Job training) Latihan ini untuk memberikan instruksi kepada karyawan guna melaksanakan tugas-tugas tertentu di dalam perusahaan
3)   Latihan Pengawasan (supervisor training) Latihan ini untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana memeriksa dan mengawasi kegiatan pekerjaan dalam perusahaan
4)   Latihan Manajemen (Management training) Latihan untuk melatih kayawan yang memangku suatu jabatan tertentu di dalam perusahaan.
5)   Latihan Pengembangan Pimpinan,  Latihan yang bertuuan untuk pengembangan pimpinan perusahaan agar memperoleh kemampuan memimpin anak buahnya dala rangka pengembanan usaha atau bisnisnya

10. METODE LATIHAN DAN PENDIDIKAN
Metode latihan dan pendidikan yang dijalankan wirausaha sebagai pemilik perushaan dalam rangka peningkatan SDM,
1)   Latihan Induksi
Latihan yang dapat ditempuh melakui (a) perkuliahan (b) perjalanan dinas / studi banding
2)   Latihan Tugas
Latihan yg dapat ditempuh melalui (a) karyawan bekerja sambil belajar (c) mengikuti pelatihan di luar perusahaan (c) mengikuti pelatihan di dalam perusahaan dengan tenaga ahli yang didatangkan wirausaha
3)   Latihan Pengawasan
Latihan pengawasan dapat dilaksanakan dalam bentuk mengikutkan karyawan untuk kursus-kursus  di luar ataupu didalam perusahaan
4)   Latihan pengembangan pimpinan/manajer persahaan
Manajer perusahaan dapat belajar melalui kursus keahlian menejemen usaha ataupun meneruskan pendidikannya diperguruan tinggi.

 http://zalvazulva.wordpress.com/2012/02/17/merekrut-dan-mengelola-sdm/

Senin, 25 Maret 2013

Pengusaha Muda Sukses Indonesia - Reza Nurhilman (AXL)



Successful leaders take advantage of marketing through Social Media
Owner Biodata Maicih:
1.      Name                                      :Reza Nurhilman
2.      Nick Name                             : Axl
3.      Date of birt                             : New York, 29 September 1987
4.     Address                                   : Jl.Padaringan 40 A, Complex KPAD, Gegerkalong, Bandung
5.       Education                             : SMPN 1 Cimahi 2002, SMAN 2 Bandung 2005, Univ. Kristen Maranatha , Jur  Manajemen 2009
Product Profile :
1.      Spicy cassava chips (level 3,5,10)
2.      Baso Fried
3.      Gurilem
4.     Selbak
Initial Business:

· Beginning in mid-2010
· With a capital of 15 million
· Production of 50 packs per day
· Variants start out chips and gurilem
· Producing level 1 to level 5
· Marketed the way around


Maicih Present

· Make up to level 10 variants
· Demand is very high consumer
· Production capacity up to now 2000 packs / day
· Turnover per month 800-900 million (± 30 jt / day)
· Have 20's generals as a marketer
· Marketing in Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, etc. through general
· Production Employee owned the 30's


The key to success in business is done Axl lies in how he thinks "out of the box". it turns out it does prove effective with his current venture deeply into the subject of conversation among young people. People are curious to try out what it maicih, heralded people on twitter. Axl successful societal because thanks to his perseverance and confidence in business he would run. Being successful is the duty and right of every person. Critical success might not come alone, but through a persistent struggle to give up. A failure is very reasonable, the failure does not mean he's being a total failure, but in fact there is wisdom behind all of that is success.

Marketing strategy

This is the point where done with maicih successful marketing strategies out of the box. Axl use technology today is a media twitter and Facebook. Axl accidentally membuatn exclusive product for people curious. He did not open a store like most sellers, but sold by the media using twitter as the location where the general information (agents) maicih hung peddle wares.
one that makes it unique from Maicih is a name or term that is thrown Maicih management when communicating with customers and potential customers through Twitter. There's "Mother" (grandmother) for making crisps Maicih and "grandson" to consumers. Then, there is a "General" for resellers, "Icihers" slang term Maicih fans, "Republican Maicih" to management, to the term "tericih-icih" to describe Maicih addicted to spiciness.
Through social networking, Axl tries to create issues or word of mouth (WOM). One of them, the level of spiciness chips. "The chips that we offer has a different level of spiciness. Starting from level one to five, and straight to level 10 the highest level of spiciness, "he continued.
In May 2011, the exact date is 07 May 2011 maicih seblak newest product launch, a kind of spicy crackers flat, with variants of different levels. Axl will continue its innovation but does not leave the hallmark raised snack to class and lower class people interested. The possibility of the future will emerge other products are more innovative anymore.


Pengaruh Televisi dan Film




Dijaman sekarang teknologi sudah semakin canggih, televisi adalah salah satu teknologi yang sangat digemari saat ini. Dari anak kecil sampai dewasa suka menonton tv, selain televisi kita juga ada yang namanya film. televisi dan film menyediakan hiburan dan informasi untuk orang yang menontonnya.  Kita bisa mendapatkan pengetahuan, pengalaman, mengetahui tempat-tempat yang tidak kita ketahui  dengan cara menonton tv atau film dll.
Namun dibalik itu semua tanpa disadari televisi & film telah memberikan banyak pengaruh negatif dalam kehidupan manusia baik anak-anak maupun orang dewasa. Kita harus berhati-hati, sebab televisi selain bisa menjadi teman yang baik bisa juga menjadi musuh yang berbahaya. Para orang tua harus lebih memperhatikan anak-anak mereka dalam menyaksikan tayangan ditelevisi,  karena dijaman sekarang banyak tayangan-tayangan yang kurang berpendidikan dan merusak moral. Televisi & film seharusnya menayangkan tayangan yang menghibur dan membangun moral bangsa, tetapi kenyataannya banyak tayangan-tayangan yang tidak baik dan merusak moral juga nilai-nilai yang telah ada. Seperti membantah perintah orang tua, berkelahi dengan teman, bolos sekolah, vulgaritas, kejahatan, kebencian, seks bebas, gaya hidup yang bebas dll.
Anak akan meniru apa yang dia tonton, karena anak-anak akan cepat meniru apa yang dia lihat.Tapi sebagian para orangtua memberikan kebebasan kepada anak-anaknya  untuk memiliki televisi pribadi dikamarnya. Keadaan seperti ini sangat berbahaya, karena orang tua tidak bisa mengontrol tayangan apa yang ditonton, apalagi anaknya masih dibawah umur. Media massa sangatlah berpengaruh dalam kehidupan mereka, tetapi tidak menjamin seorang anak yang tontonannya baik perilakunya juga baik, lingkungan sekitar juga ikut berpengaruh.
Selain itu film-film yang ada diindonesia pun sekarang seakan sudah terbiasa menampilkan adegan-adegan intim, contohnya film-film horor, setiap film horor pasti ada adegan seperti itu. Tayangan seperti itu seharusnya tidak dipertontonkan, karena akan berdampak negatif bagi yang menontonnya, maka dari itu, dijaman sekarang banyak kasus pelecehan seksual, salah satu penyebabnya adalah film-film tersebut.
Jadi, tayangan televisi dan film sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat, seperti sifat, prilaku dll. Sehingga saya menghimbau agar tayangan-tayangan yang tidak baik jangan ditayangkan agar tidak memperburuk keadaan masyarakat sekarang ini.