Senin, 25 Maret 2013

Pengaruh Televisi dan Film




Dijaman sekarang teknologi sudah semakin canggih, televisi adalah salah satu teknologi yang sangat digemari saat ini. Dari anak kecil sampai dewasa suka menonton tv, selain televisi kita juga ada yang namanya film. televisi dan film menyediakan hiburan dan informasi untuk orang yang menontonnya.  Kita bisa mendapatkan pengetahuan, pengalaman, mengetahui tempat-tempat yang tidak kita ketahui  dengan cara menonton tv atau film dll.
Namun dibalik itu semua tanpa disadari televisi & film telah memberikan banyak pengaruh negatif dalam kehidupan manusia baik anak-anak maupun orang dewasa. Kita harus berhati-hati, sebab televisi selain bisa menjadi teman yang baik bisa juga menjadi musuh yang berbahaya. Para orang tua harus lebih memperhatikan anak-anak mereka dalam menyaksikan tayangan ditelevisi,  karena dijaman sekarang banyak tayangan-tayangan yang kurang berpendidikan dan merusak moral. Televisi & film seharusnya menayangkan tayangan yang menghibur dan membangun moral bangsa, tetapi kenyataannya banyak tayangan-tayangan yang tidak baik dan merusak moral juga nilai-nilai yang telah ada. Seperti membantah perintah orang tua, berkelahi dengan teman, bolos sekolah, vulgaritas, kejahatan, kebencian, seks bebas, gaya hidup yang bebas dll.
Anak akan meniru apa yang dia tonton, karena anak-anak akan cepat meniru apa yang dia lihat.Tapi sebagian para orangtua memberikan kebebasan kepada anak-anaknya  untuk memiliki televisi pribadi dikamarnya. Keadaan seperti ini sangat berbahaya, karena orang tua tidak bisa mengontrol tayangan apa yang ditonton, apalagi anaknya masih dibawah umur. Media massa sangatlah berpengaruh dalam kehidupan mereka, tetapi tidak menjamin seorang anak yang tontonannya baik perilakunya juga baik, lingkungan sekitar juga ikut berpengaruh.
Selain itu film-film yang ada diindonesia pun sekarang seakan sudah terbiasa menampilkan adegan-adegan intim, contohnya film-film horor, setiap film horor pasti ada adegan seperti itu. Tayangan seperti itu seharusnya tidak dipertontonkan, karena akan berdampak negatif bagi yang menontonnya, maka dari itu, dijaman sekarang banyak kasus pelecehan seksual, salah satu penyebabnya adalah film-film tersebut.
Jadi, tayangan televisi dan film sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat, seperti sifat, prilaku dll. Sehingga saya menghimbau agar tayangan-tayangan yang tidak baik jangan ditayangkan agar tidak memperburuk keadaan masyarakat sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar