Selasa, 22 Mei 2012

Wisata Kuliner di Yogyakarta


Indonesia tidak hanya kaya akan tempat wisata yang luar biasa, tetapi indonesia juga kaya akan kuliner yang bermacam-macam dan memiliki khas tersendiri disetiap daerahnya. yogyakarta memiliki tempat wisata yang luar biasa dan  memiliki makanan yang khas yang wajib dicicipi bila berlibur kesana. Saya akan memberi tahu 5 makanan khas yogyakarta yang terkenal dan populer.

1.   Gudeg

Gudeg adalah makanan yang di buat dari bahan utama nangka muda yang diolah secara tradisional. Di padukan dengan rempah-rempah asli indonesia yang pasti akan membuat cita rasa tersendiri.

 2.  Manggut lele

Adalah makanan yang menawarkan olahan ikan lele, berbeda dengan masakan ikan lele lainnya, sebelum dimasak bersama kuah santan gurih dan pedas seperti kuah gulai, lele terlebih dahulu dibakar diatas tungku, sehingga dagingnya matang saat pembakaran.

 3.  Sate klatak

Sate klatak merupakan sate ayam yang dibumbui dengan bumbu khas, sehingga memiliki rasa tersendiri, 1 tusuk sate sangat besar jadi makan 5 tusuk sate klatak sudah cukup.

 4. Oseng-oseng Mercon

Oseng mercon ini adalah tetelan daging sapi yang dimasak dengan bumbu yang pedas sehingga disebut oseng-oseng mercon, karena kalau kita memakannya maka kita akan kepanasan karena bumbu pedasnya tersebut.

 5.  Brongkos 

Brongkos adalah persilangan antara gulai dan rawon, dan karena kekentalannya, brongkos terasa lebih maknyuss di lidah.

4 komentar: